Implementasi Model Explicit Instruction Dan Pengembangannya Dalam.Pembelajaran Bahasa.Arab Siswa Kelas X MA. Anwarul Qur’an Demak

Muhammad Hafidl Luthfi, MH and asep sunarko, as and rifqi aulia, ru Implementasi Model Explicit Instruction Dan Pengembangannya Dalam.Pembelajaran Bahasa.Arab Siswa Kelas X MA. Anwarul Qur’an Demak. Repository FITK UNSIQ.

[thumbnail of artikel hafidl.docx] Text
artikel hafidl.docx

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran.Bahasa Arab, yaitu: 1). Materi.Bahasa Arab yang masih kurang bisa diterima.oleh peserta didik. 2). Banyaknya peserta.didik yang masih menganggap mata pelajaran.bahasa Arab sebagai salah satu.pelajaran yang sulit. Hal tersebut menjadi latar belakang penulisan skripsi ini. Berdasarkan pengamatan peneliti, pembelajaran Bahasa Arab belum efektif dapat dilihat.dari hasil belajar peserta.didik kelas IX. Model pembelajaran yang mudah disampaikan dan menarik dalam pembelajarannya, salah satunya model Explicit Intruction. Skripsi bertujuan : (1) Untuk memahami pembelajaran model Explicit Instruction di MA Anwarul Qur’an Demak dalam pembelajaran bahasa Arab. (2) Untuk mengetahui pengembangan model Explicit Instruction di MA Anwarul Qur’an Demak. (3) Untuk mengetahui kendala dan pendukung dalam penerapan model Explicit Instruction di MA Anwarul Qur’an Demak. Skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bercorak kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan.data dalam model penelitian ini diawali dengan observasi, wawancara, dokumentasi adapun teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dengan menelaah seluruh data yang tersedia. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1). Pembelajaran Bahasa Arab.dengan menggunakan model Explicit Instruction di MA Anwarul Qur’an Demak berjalan dengan baik 2). Pengembangan model pembelajaran Explicit Insruction di MA Anwarul Qur’an Demak dilihat pengembangan model pembelajaran di MA Anwarul Qur’an Demak menggunakan media Power point agar menyingkat waktu dalam menyampaikan materi. 3). Pendukung dalam penerapan model Explicit Instruction dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Anwarul Qur’an Demak. Pendukung pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan model Explicit Instruction diantaranya menjadikan semangat belajar siswa tinggi dan siswa dapat memahami materi dengan penyampaian dari awal pembelajaran dengan pola selangkah demi selangkah.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Fy yani
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:31
Last Modified: 10 Oct 2022 07:31
URI: http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item
View Item